Sunday, November 25, 2012

Festival Jerman



HIMA Pendidikan Bahasa Jerman UNY Bund der Deutsch-Studenten (BDS) kembali sukses dengan acara Festival Jerman yang diadakan dari tanggal 1-4 Oktober 2012,  acara yang pada tahun-tahun sebelumnya bernama Deutschewoche ini diadakan rutin setiap tahunnya dalam rangka memperingati hari penyatuan Jerman Barat dan Jerman Timur yang jatuh pada tanggal 3 Oktober. Festival Jerman yang mengangkat tema “Wir bringen Deutschland nach Yogyakarta (kita bawa Jerman ke Yogyakarta)” ini berlangsung dari tanggal 1-4 Oktober 2012 dengan berbagai rangkaian acara, dari tanggal 1-3 BDS mengadakan Kompetisi Bahasa Jerman tingkat SMA/MA/SMK se-DIY dan Jawa Tengah, lombanya antara lain lomba Akapela yang dijuarai oleh SMA 2 Salatiga, Gedicht Vorlesen (lomba baca puisi bahasa Jerman) dijuarai oleh SMA 1 Batang, dan Bild Beschreiben (lomba mendeskripsikan gambar dengan bahasa Jerman) yang dijuarai oleh SMAN 1 Pakem, ada juga Deutschkurs atau belajar singkat bahasa Jerman selama 3 hari (1-3 Oktober) dan Donor Darah serta pembukaan stand pameran makanan, kostum, dan buku. Kemudian pada
tanggal 4 Oktober adalah hari terakhir sekaligus menjadi acara puncak dari Festival Jerman ini.

Acara puncak Festival Jerman diadakan di Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta, dimulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Disini selain dibuka stand pernak pernik Jerman pengunjung juga bisa berfoto menggunakan kostum Jerman, tidak hanya itu bagi para pengunjung yang ingin tau banyak mengenai Jerman, pengunjung bisa belajar banyak tentang negara Jerman karena disini juga dibuka stand Edukasi dan Mading tentang Jerman. Di stand Edukasi pengunjung bisa bertanya mengenai apa yang belum mereka ketahui tentang Jerman, ada juga info kursus bagi mereka yang ingin belajar bahasa Jerman kemudian bisa bertanya langsung mengenai pengalaman hidup di Jerman kepada mahasiswa yang pernah ke Jerman. Kemudian di stand Mading pengunjung bisa membaca beberapa pengetahuan dasar mengenai negara Jerman dan juga menyaksikan video preview mengenai negara itu. Selain itu ada stand Makanan disana pengunjung dapat mencicipi kue dan minuman Jerman secara gratis hanya dengan menunjukkan tiket, satu yang menarik perhatian pengunjung adalah German Cinema, stand dimana diputarkan beberapa film Jerman. Stand yang satu ini menarik banyak sekali minat pengunjung, itu mungkin dikarenakan sebagian besar pengunjung penasaran dan belum pernah menonton film Jerman. Ada 5 film yang diputarkan di Jerman Cinema diantaranya Goethe!, Kokowääh, Barfuss, In July (Im Juli), dan Wer Früher Stirbt Ist Länger Tot. Saat pemutaran film pertama belum terlihat adanya minat para pengunjung, namun semakin lama pengunjung yang berminat semakin bertambah dan sampai dengan pemutaran film yang terakhir stand ini ramai dikunjungi.


Sebagai acara penutup band Plenthonk Konslet tampil untuk menghibur para pengunjung yang mungkin sudah kelelahan berkeliling mengunjungi tiap stand.

0 comments:

Post a Comment

© Bund der Deutsch-Studenten, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena