Monday, April 8, 2013

Pameran 'Ayo Keliling Dunia'


Akhir Maret 2013, tepatnya 27-31 Maret 2013, di Jogja Expo Center (JEC) diadakan sebuah pameran yang sangat fantastis. Pameran tersebut berjudul “Ayo Keliling Dunia”. Jadi, di dalam pameran tersebut ada beberapa stand dari negara-negara di seluruh dunia. Pameran ini sendiri ditujukan bagi keluarga, khususnya anak-anak, sebagai sarana pembelajaran sekaligus refreshing karena waktunya yang pas saat liburan.

Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman UNY yang diwakili oleh BDS (Bund der Deutsch-Studenten) mendapat kesempatan untuk mengisi stand negara Jerman. Sungguh kesempatan emas guna menunjukkan BDS kepada masyarakat. Sehingga, BDS akan  lebih dikenal oleh masyarakat dan jargon BDS yang mendunia pun sudah dimulai dari satu langkah ini.

Akan tetapi tidak mudah dalam menyiapkan sebuah pameran. Selain itu, pameran ini berlangsung ketika segenap kawan-kawan BDS sibuk mempersiapkan acara untuk HUT BDS yang ke-11. Oleh karena itu, panitia diambil dari PI (Pengurus Inti) dan juga DPO (Dewan Penasihat Organisasi) dan dibantu dari beberapa kawan-kawan Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman.

Konsep yang diangkat oleh BDS adalah “Deutschland Märchenland” (dongeng di negara Jerman). Tema ini diambil karena paling cocok untuk menggambarkan suasana pameran nanti yang bakalan didominasi oleh anak-anak. Waktu persiapan yang hanya 2 minggu sempat menyulitkan panitia untuk membagi waktu. Akan tetapi hingga H-1 semua berjalan lancar tanpa halangan.

Sehari sebelum pameran, kawan-kawan BDS mulai melakukan loading di JEC. Kawan-kawan mulai melakukan pengisian stand sejak siang hari. Banyak instrument yang dipersiapkan, seperti banner “Herzlich Willkommen” dan beberapa patung tokoh-tokoh dongeng karya Brüder Grimm. Malamnya, kawan-kawan mulai bekerja mendekor stand. Aktivitas ini berlangsung hingga pagi hari dan stand Jerman siap untuk memeriahkan pameran “Ayo Keliling Dunia”.

Acara pun dimulai..

Deutschland Märchenland
Stand dibuka pada tanggal 27 Maret 2013 mulai pukul 09.30 hingga 21.30. Dalam stand Jerman, kami menyediakan ruang untuk anak-anak berfoto dengan latar belakang Istana Neuschwanstein. Di pojok stand ada bukit yang dikelilingi oleh patung-patung tokoh dongeng dan venue ini menjadi tempat favorit bagi anak-anak untuk berfoto. Selain itu ada miniatur Brandenburger Tor yang juga menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto.

Selain itu, kami juga menjual kue-kue khas jerman, semacam Nusskuchen, dan Apfelkuchen. Sajian ini hampir setiap hari habis. Tak lupa, ada juga gambar-gambar untuk diwarnai oleh anak-anak. Setelah diwarnai gambar tersebut ditempel pada dinding belakang yang berlatar belakang Istana. Dan yang menarik adalah adanya costplay baju peri yang disewakan untuk anak perempuan.

Hampir setiap hari stand kami tak pernah sepi dengan pengunjung. Hal ini dikarenakan pihak penyelenggara menyediakan hadiah bagi siapa saja yang mendapat cap dari 14 negara, termasuk Jerman.

Stand negara Jerman kebanjiran pengunjung
Anak-anak sedang mewarnai di stand Jerman
Cerita boneka "Rapunzel"
Pada hari sabtu tanggal 30 Maret 2013, Stand Jerman mendapat kesempatan untuk tampil di panggung utama. Kawan-kawan BDS menampilkan sebuah pertunjukkan boneka. Kisah yang diangkat adalah tentang Rapunzel. Properti yang digunakan pun sangat atraktif, yaitu sebuah kastil lengkap dengan warna-warninya.

Dan akhirnya pameran memasuki hari terakhir. Pameran pun semakin meriah karena banyak perlombaan yang diadakan oleh panitia. Stand kamipun juga tak pernah sepi dari pengunjung yang meminta cap maupun bendera. Atau sekedar foto di salah satu sudut stand kami. Pada akhirnya acara pun ditutup pada tanggal 31 Maret 2013. Sungguh pengalaman yang berharga bagi kami yang notabene masih mahasiswa untuk dapat mengikuti pameran sebesar ini. Selain itu, pameran ini juga merupakan suatu usaha untuk mengenalkan Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman UNY kepada khalayak umum. Sehingga apa yang menjadi visi dan misi BDS, yaitu BDS yang mendunia, akan tetap terjaga.

Terima Kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena berkat rahmatNya, acara ini sukses. Terima kasih kepada kawan-kawan yang telah bekerja keras demi suksesnya acara ini.

0 comments:

Post a Comment

© Bund der Deutsch-Studenten, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena