Wednesday, April 17, 2013

Sebelas Tahun Membersamai Mahasiswa PB Jerman

Tepat 29 Maret 2013 lalu, Bund der Deutsch Studenten (BDS) resmi berusia 11 tahun. Itu artinya, sudah sebelas tahun pula BDS mewarnai hari-hari di FBS. Banyak juga suka duka yang menyelimuti keberadaan BDS selama ini. Selain itu, tongkat estafet kepemimpinan juga telah berganti. Generasi dengan semangat  pembaru senantiasa muncul di setiap era. Namun, tujuannya tetaplah satu, yaitu menjadikan BDS itu rumah yang nyaman bagi seluruh mahasiswa PB Jerman.
Panitia
Yang “satu tujuan” itulah  kemudian mengilhami segenap kawan-kawan panitia untuk menentukan tema HUT BDS yang ke-11 tahun ini. Ya, akhirnya panitia bersepakat untuk mengambil judul “Elf Jahre fϋr ein Tor” (sebelas tahun untuk satu tujuan). Dan karena ini tahun kesebelas, maka kesan yang ditunjukkan adalah Mannschaft atau Kesebelasan. Jadi, kesan sepakbola akan mendominasi penyelengaraan perayaan HUT BDS yang ke-11.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, panitia menyelenggarakan rangkaian lomba sebelum malam puncak. Lomba-lomba tersebut diantaranya Landeskunde, Futsal, Buchstabieren, Mode Design, Dozent Auszeichungen, dan Kochwettbewerb. Yang mana lomba-lomba tersebut ditujukan untuk internal PB Jerman sendiri. Selain untuk kalangan PB Jerman, panitia juga menyelenggarakan lomba tingkat fakultas, yaitu Rangking 1.


Lomba
Lomba yang pertama digelar adalah Futsal. Futsal digelar mulai tanggal 18-29 Maret 2013. Meski terhalang hujan, akhirnya lomba ini dapat selesai tepat waktu. Dan juaranya dari sisi Männer adalah 2011 I dan untuk Frauen  adalah 2012 I. Selanjutnya yang digelar adalah lomba Kochwettbewerb atau lomba memasak. Acara ini diselenggarakan tanggal 1 April 2013 di selasar C14. Meski diiringi rintik hujan dan peserta hanya 5 tim, namun kadar keseruannya tetap terjaga dan acara pun berjalan sukses.

Kochwettbewerb
Lomba selanjutnya adalah Landeskunde, Buchstabieren, dan Rangking 1. Acara ini diselenggarakan secara serentak pada tanggal 2 April 2013 di tiga tempat berbeda, yaitu Deutschklasse, C15 106, serta PKM lantai 2. Pemenang lomba langsung bisa diketahui karena sistem lomba merupakan sistem gugur. Untuk lomba Landeskunde pemenangnya adalah kelas 2010 C, sedangkan Buchstabieren adalah kelas 2012 I. Dan Untuk rangking dimenangkan oleh perwakilan dari HIPER.

Di hari selanjutnya atau Rabu 3 April 2013, diadakan lomba Mode Design. Lomba ini hanya diikuti oleh 4 perwaklian kelas. Panitia memilih Cine Club sebagai venue perlombaan. Perlombaan berlangsung atraktif dengan mode-mode yang unik, seperti pengunaan barang-barang sisa yang dibauh menjadi sayap. Dan juga tidak lupa unsur jermannya tetap ditonjolkan, sehingga warna hitam, merah, dan kuning menghiasi pakaian peserta. Panitia langsung mengumumkan juara lomba ini. Posisi pertama ditempati oleh kelas G 2011. Sedangkan posisi kedua diduduki oleh kelas H 2012.

Malam Puncak
Sambutan ketua panitia
Malam puncak digelar malam minggu tanggal 6 April 2013 di Labkar FBS UNY. Malam puncak kali ini  menampilkan drama musikal dengan judul yang sama dengan judul HUT BDS ke-11. Sesuai tema yang diangkat oleh panitia, yaitu Bundesmanschaft, maka seluruh komponen panitia menggunakan baju timnas Jerman. Acara dimulai pukul 19.00 WIB. Acara dibuka oleh penampilan dari Käse dan Stand Up UNY. Yang kemudian disusul oleh sambutan ketua panitia dan juga Wakil Dekan III, ibu Kun. Peringatan HUT BDS pun diperingati secara simbolik dengan memotong tumpeng. Setelah itu, secara bergantian EDSA dan HIJAW menghibur penonton yang berada di Labkar, gedung c14. EDSA membawakan 2 buah lagu, sedangkan HIJAW menampilkan permainan gamelan yang menakjubkan.

Pemotongan Tumpeng
Dan tiba sajian utama malam itu, yaitu drama musikal. Drama musikal kali ini menceritakan seorang Marco yang berusaha untuk dapat masuk ke tim utama. Dalam usahanya untuk menjadi seorang pesepakbola handal, seorang peri mendatanginya. Sang peri membawa Marco ke negeri dongeng, dimana di negeri tersebut marco menerima berbagai misi. Dengan menggabungkan berbagai dongeng asli Jerman, seperti Aschenputtel, Jorinda und Jorindel, Hexe, Kӧnig und 12 Prinzessin, und Pinokio, penonton diajak oleh Marco untuk menikmati berbagai kisah berbeda sekaligus menyelesaikan misinya. Di akhir plot, Marco menolong sang peri yang kesusahan sehingga dengan ketulusan dan kebaikan hati Marco, akhirnya Marco bisa menjadi pemain utama di tim tersebut.
Drama musikal
Acara malam itu ditutup oleh penampilan dari Mishbah dan juga Himasik. Sungguh malam yang luar biasa bagi kita semua. Semoga di Ulang Tahunnya yang ke-11, BDS semakin eksis, menjadi rumah yang nyaman, dan juga semakin mendunia… AMiiinn

0 comments:

Post a Comment

© Bund der Deutsch-Studenten, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena